July 19, 2020

 

Menurut penelitian, bahan-bahan tertentu yang biasanya terkandung di dalam produk kosmetik tentunya berisiko membahayakan kesehatan. Oleh sebab itu, kosmetik yang selama ini membuat Anda terlihat lebih cantik, sebaiknya perlu dicermati lagi kandungan materialnya  apabila digunakan setiap hari. Bisa saja produk tersebut mengandung bahan kosmetik yang berbahaya.

Dari sebuah penelitian pada efek samping produk kecantikan menyatakan bahwa rata-rata wanita biasanya menggunakan 10 produk kosmetik tiap harinya. Hal ini akhirnya membuat mereka rentan terpapar sekitar 126 jenis bahan kimia. Beberapa bahan kimia tersebut akhirnya berisiko menyebabkan kanker, gangguan sistem reproduksi hingga diabetes.

Produk kosmetik pilihanmu, yang kemudian akan meresap ke dalam lapisan kulitmu biasanya dipromosikan sebagai produk yang dapat memberikan hasil yang kamu inginkan, seperti mencerahkan, melembapkan, serta mengatasi berbagai permasalahan kulit yang ada. Namun, nggak semuanya memberikan manfaat baik untuk kulit, lho. Produk tersebut juga belum tentu bekerja secara sehat dan baik di dalam lapisan kulitmu.

READ  Mengenal Informasi  ciri ciri keputihan yang berbahaya

Apa saja kandungan kosmetik yang berbahaya?

  1. Pewangi

Aroma sintetis biasanya membuat produkmu memiliki aroma yang wangi, akan tetapi zat ini akan menjadi penyebab utama reaksi alergi pada kulit. Sebab fragrance atau pewangi/parfum umumnya terbuat dari zat berbahaya, contohnya ialah paraben, benzene derivative, aldehydes, dan lainnya yang berkaitan dengan kanker maupun masalah sistem saraf. Pada jangka pendek, fragrance semakin memunculkan iritasi dan kemerasan pada area yang telah diaplikasikan.

  1. Merkuri

Dilansir dari laman Alodokter, merkuri biasanya ditambahkan pada dalam produk eye shadow, bedak kosmetik, hingga perona wajah sebagai bahan pengawet. Bahan ini juga dapat umum ditemukan pada krim pemutih kulit. Apabila terserap ke dalam tubuh, merkuri biasanya menyebabkan kerusakan otak dan saraf, penyakit paru-paru, penyakit ginjal, kerusakan sistem kekebalan tubuh dan saluran pencernaan. Berdasarkan keterangan Husniah Rubiana Thamrin Akib, dari BPOM, menyatakan bahwa merkuri sangat berbahaya karena termasuk golongan logam berat.

  1. . Hidrokinon
READ  Mendalami Informasi Seputar Merawat Rambut Rontok

Zat hidrokinon merupakan zat yang tidak boleh digunakan untuk kulit dan rambut, tetapi hanya boleh untuk pengeras kuku. Akan tetapi, hidrokinon juga sering disalahgunakan dalam krim atau lotion pemutih kulit.

Hidrokinon ialah zat reduktor yang biasanya mudah larut dalam air. Kemampuan hidokinon dalam menghambat pembentukan melanin (zat pigmen kulit) menjadikan bahan tersebut digunakan sebagai pencerah kulit (skin lightening). Pengguna hidrokinon yang terkena sinar matahari langsung serta memunculkan ochronosis (kulit berwarna kehitaman).

Efeknya akan terlihat setelah penggunaan selama 6 (enam) bulan serta kemungkinan bersifat irreversible (tidak dapat pulih kembali). Bahan ini kemudian dilarang digunakan dalam kosmetika perawatan kulit dan rambut karena pada penggunaan jangka menengah pun mengakibatkan vitiligo/leukoderma, yaitu sebuah kondisi kehilangan pigmen sehingga kulit menjadi pucat secara tidak beraturan. Krim yang mengandung hidrokinon lalu terakumulasi dalam kulit sehingga menyebabkan mutasi dan kerusakan DNA, dalam pemakaian jangka panjang menimbulkan karsinogenik.

  1. Timbal
READ  Mendalami Informasi Seputar Mencegah Kebotakan Dini Yang Perlu Anda Ketahui

Timbal ialah logam beracun pemicu kanker serta menyebabkan gangguan pada sistem saraf. Logam timbal banyak yang sering terdapat pada lipstik. Anda disarankan untuk menghindarkan barang tersebut dari jangkauan anak-anak karena bisa menjadi racun yang berbahaya.

Nah, gimana nih untuk Anda para ladies yang biasa menggunakan kosmetik tersebut pada aktivitas dan kegiatan sehari-hari. Sebaiknya Anda perlu waspada atas kandungan kosmetik yang berbahaya dan justru dapat membuat wajah atau bagian tubuh lain menjadi tidak sehat.

 

Sumber gambar : www.qupas.id