July 26, 2020

Sebagian kaum pria memiliki anggapan menjaga tumbuhnya rambut membuat penampilan menjadi semakin menawan.  mereka lebih suka menjaga rambut mereka selama mungkin. Tidak ada yang ingin rambut rontok membuatnya terlihat botak, tetapi sayangnya, kondisi kebotakanini bisa dimulai sejak usia remaja. Pada saat berusia 35 tahun, dua pertiga pria Amerika akan mengalami beberapa jenis kerontokan rambut yang signifikan. Terdapat banyak hal yang dapat Anda lakukan sekarang untuk membantu mencegah kebotakan di masa depan.

Berikut beberapa tips untuk mencegah kebotakan dini yang dapat Anda lakukan.

Penuhi Asupan Protein

Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk rambut adalah makan makanan yang kaya protein alami. Hal-hal seperti kacang-kacangan dan kacang-kacangan dapat menjadi sumber protein sehat yang sangat baik. Anda juga bisa menambahkan makanan yang mengandung asam lemak esensial, vitamin, dan antioksidan untuk menutupi semua basis Anda.

Suplemen

Mengonsumsi suplemen bisa menjadi cara yang bagus untuk menjaga rambut tetap di kepala Anda, tetapi pastikan untuk meminumnya secukupnya. Terlalu banyak hal tidak pernah merupakan hal yang baik. Mengkonsumsi suplemen seperti Biotin dan Vitamin A dapat membantu menstimulasi pertumbuhan rambut dan menghindari kebotakan, tetapi terlalu banyak justru dapat memiliki efek sebaliknya. Faktanya, kelebihan dosis vitamin A telah diketahui benar-benar menyebabkan kerontokan rambut, meskipun ia dikenal karena sifat pertumbuhan rambutnya. Terlalu banyak dari itu mengirim folikel rambut Anda ke gigi tinggi dan dengan demikian rambut Anda mencapai itu siklus pertumbuhan terlalu cepat, membuat Anda shedding seperti anjing di musim panas.

READ  Hati-hati Kandungan Kosmetik yang Berbahaya

Jauhi Stress

Meskipun rambut Anda yang rontok dapat disebabkan oleh genetika Anda, itu juga bisa disebabkan oleh stres. Masa-masa kekacauan atau pekerjaan yang membuat stres dapat menyebabkan Anda memiliki rambut yang sangat tipis. Untungnya, jenis rambut rontok ini biasanya hanya sementara dan rambut Anda akan mulai tumbuh kembali setelah stres berlalu. Namun, Anda dapat menghindarinya sama sekali dengan menjaga pikiran Anda fokus dan mengatasi stres dengan cara yang sehat. Jika stres berlanjut, kerontokan rambut bisa menjadi permanen.

Botak prematur bukanlah sesuatu yang ingin dihadapi siapa pun, dan terkadang tidak ada jalan lain. Kabar baiknya adalah bahwa ada spesialis rambut yang dapat membantu mengembalikan rambut Anda ke kejayaan sebelumnya. Jadi jangan berkeringat, makan dengan benar, dan temui dokter jika perlu. Tidak semua orang botak dari garis rambut mereka. Beberapa pria mengalami apa yang disebut penipisan difus – sejenis kerontokan rambut yang mempengaruhi seluruh kulit kepala atau area tertentu seperti mahkota – yang mengakibatkan kebotakan yang dimulai dari belakang atau atas, bukan dari garis rambut.

Membandingkan kondisi rambut dari masa ke masa

READ  Mendalami Informasi Umum Seputar Penyebab Keputihan Berlebih

Cara termudah untuk melihat penipisan difus adalah membandingkan foto dari periode waktu yang berbeda. Jika Anda memperhatikan bahwa rambut Anda terlihat lebih tipis sekarang daripada di foto yang diambil beberapa tahun yang lalu, ada kemungkinan bahwa itu adalah hasil dari kebotakan pola pria. Anda biasanya tidak mengambil foto dari belakang, cara termudah untuk membandingkan tingkat ketebalan rambut Anda dari waktu ke waktu adalah dengan mengambil foto setiap dua hingga tiga bulan di cermin kamar mandi Anda. Jika Anda melihat rambut di sekitar mahkota Anda menipis setiap tahun, ada baiknya mengambil tindakan untuk mencegah kerugian lebih lanjut.

Rambut rontok berlebihan setelah mandi atau menyikat

Itu normal untuk kehilangan rambut ketika Anda mandi, menyikat atau menyisir. Rata-rata, orang kehilangan sekitar 100 rambut sehari, yang berarti bahwa empat hingga lima rambut yang Anda perhatikan di tangan Anda setelah keramas rambut Anda bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. Namun, jika Anda mulai melihat banyak rambut rontok sepanjang hari, ada risiko bahwa itu bisa disebabkan oleh kebotakan pola pria.

Sebelum Anda panik, penting untuk mengetahui bahwa kerontokan rambut sementara dapat terjadi dan menumpahkan banyak rambut selama satu atau dua hari tidak selalu menjadi alasan untuk khawatir. Kerontokan rambut dapat terjadi karena berbagai penyebab, mulai dari jetlag yang diinduksi perjalanan hingga terbakar matahari, penurunan berat badan atau demam.

READ  Mendalami Informasi Umum Seputar  Menghilangkan Atau Mecegah Keputihan

Jenis kerontokan rambut ini biasanya bersifat sementara, artinya Anda akan melihat lebih banyak rambut di tangan Anda dan pada sikat Anda selama satu atau dua minggu. Anda mungkin juga melihat rambut longgar di bantal Anda di pagi hari. Jika Anda melihat rambut rontok dalam jumlah besar setiap hari untuk jangka waktu yang lama, Anda harus mencari bantuan. Lagi pula, itu tidak memakan waktu selama Anda berpikir untuk jumlah rambut rontok harian sederhana untuk berubah menjadi garis rambut surut atau tempat botak terlihat di mahkota Anda.

Tiga tanda di atas adalah indikator yang baik yang harus Anda pikirkan untuk mencegah kebotakan dengan mengambil tindakan untuk menghentikan kerontokan rambut Anda. Namun, ada juga “tanda-tanda” kebotakan yang sering diulang yang tidak dapat diandalkan untuk mengidentifikasi kerontokan rambut. Ini termasuk: Kulit kepala gatal, yang biasanya disebabkan oleh kulit kering, teriritasi, atau sebum dalam jumlah berlebihan, yang keduanya tidak berkontribusi pada kerontokan rambut jangka panjang. Rambut terlihat tipis setelah Anda berenang atau mandi, yang lebih sering merupakan hasil dari rambut Anda menggumpal dan menyingkapkan kulit kepala Anda daripada rambut rontok yang sebenarnya.

 

 

Sumber :

www.forhims.com

lahairclinic.com

 

sumber gambar :

hellosehat.com